Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Obat Kanker

Juni 19, 2008

Lidah buaya (Aloe vera) dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Tanaman ini tergolong ke dalam suku Liliaceae. Pemanfaatan lidah buaya semakin lama semakin berkembang. Dahulu lidah buaya dikenal sebagai obat penyubur rambut, penyembuh luka, perawatan kulit, bahan baku industri farmasi dan kosmetika, bahan makanan dan minuman kesehatan. Orang-orang kini banyak memanfaatkan lidah buaya untuk pengobatan selain karena lidah buaya mudah didapat juga obat-obatan dengan bahan lidah buaya tidak menggunakan bahan pengawet kimia.

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang manusia. Penyakit kanker bisa tumbuh dimana saja. Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Dengan memanfaatkan lidah buaya sebagai alternatif pengobatan penyakit kanker dalam kemasan sirup dapat mencegah penyebaran penyakit kanker. Penyakit kanker kebanyakan diderita oleh para perempuan. Suatu laporan dari data “ Cancer and Diet “ menunjukkan bahwa dalam suatu penyelidikan di Inggris pada wanita berusia di bawah 30 tahun yang mempunyai bibit kanker payudara yang telah diangkat, ditemukan bahwa 25 tahun kemudian 80 % dari mereka meninggal dunia. Kanker yang banyak diderita oleh perempuan adalah kanker payudara, dan disusul kemudian kanker paru-paru.

Di dalam lidah buaya terdapat banyak kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh dengan lengkap,diantaranya yaitu vitamin A, B, B2, B3,B12, C, E, choline, inositol, dan asam folat. Selain vitamin dalam lidah buaya juga terdapat mineral makro dan mikro yaitu kalsium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), besi (Fe), zinc (Zn), dan kromiun (Cr). Selain itu dalam lidah buaya juga terdapat berbagai macam enzim diantaranya amilse, ktalase, carboxypeptidase, bradykinase. Beberapa unsur vitamin dan mineral tersebut dapat berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Antioksidan ini yang berfungsi untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Unsur-unsur yang ditemukan pada daun lidah buaya menunjukan adanya hubungan yang saling sinergis dalam mempertahankan antioksidan dalam tubuh. Sebagai alternatif menyembuhkan penyakit kanker Lidah Buaya berfungsi menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pencegahan penyakit kanker, sehingga dapat menghambat penyebaran penyakit kanker secara alami.

Berdasarkan hal tersebut maka pada penelitian ini akan dilakukan pembuatan sirup lidah buaya dengan tujuan sebagai alternatif pencegahan kanker. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar aktivitas oksidan yang yang terdapat dalam sirup lidah buaya. Dengan adanya permasalahan ini solusi yang tepat adalah dengan pemanfaatan lidah buaya dalam kemasan sirup untuk mencegah penyakit kanker.

Baca naskah asli : Pemanfaatan Lidah Buaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: